Senin, 31 Oktober 2011


Gak sengaja liat spanduk ini trus langsung turun dari angkot dan... jepret! Abadikan pesan spanduk. Dalam rangka memperingati HUT IDI Kota Depok yang ke-61, IDI menyelenggarakan acara Donor Darah di D'Mall (Mall Depok) Lt. 1 pukul 09.00-11.30 WIB. Udah lama berniat mau donor tapi selalu aja gak kesampaian (hah! a-la-san), jadi terpanggil nih! Mudah-mudahan kali ini berhasil hehehe

Dan buat kamu-kamu yang berada di sekitar derah Jakarta Selatan atau Kota Depok dan juga berniat mendonorkan darahnya, ayo kita ketemu disana! Maaf kalo pemberitahuannya mendadak, soalnya saya cek di Angenda Pemerintah Kota Depok gak ada.

Minggu, 30 Oktober 2011

The Perfect House

Sore tadi sepulang dari rumah seorang teman, saya sengaja menyambangi (ciah... bahasane) salah satu bioskop di daerah Kota Depok. Bukan tanpa sebab saya memutuskan menonton film ini, setelah membaca ulasannya di beberapa laman internet dan teriming-imingi embel-embel terpilihnya film ini sebagai official selection di Puchon International Fantastic Film Festival 2011 , maka tanpa ragu saya pun menukarkan sejumlah uang dengan selembar tiket  bioskop.

Lumayan BT saya nunggu pemutaran film yang molor sampe kira-kira 15 menit, hadeeeehhh....
Note: Saya gak mau ngeriview jalan cerita film ini,cuma curhat menurut penilaian saya aja dan bukan maksud menyinggung siapa pun. Kalo mau tau jalan cerita selengkapnya tontong aja langsung :D

Dari awal film ini (seperti kebanyakan film thriller psikologi) kita udah di"bimbing" untuk menilai: siapa yang bakal jadi jahat, siapa yang misterius, siapa yang kelihatan lemah dan siapa yang bakal menang. Penonton seperti di"giring" Nidji untuk memihak salah satu tokoh dan menebak siapa yang jahat. Tidak mau kecewa, saya tidak mau memihak salah satu tokoh film ini. Gak mau usil menerka-nerka dan ikut alur cerita aja.

Cerita berjalan cukup cepat menurut saya, gak bertele-tele tapi juga gak terlalu istimewa. Gak ada adegan yang meledak-ledak atau "waw". Zzzzz.... Dua adegan yang cukup bikin kaget adalah penampakan Si Kecil Yanuar dan Lulu di mimpi Julie yang tampil dengan wajah yang rusak. Selebihnya? Gak ada setan disini. Namun entah kenapa saya justru merasa simpatik dan terpaut pada Yadi, tukang kebun (iya bukan sieh..?) yang ternyata masih keluarga Madame Rita, yang justru mati di tangan Madame Rita sendiri (Madame Rita gak tega ngeliat Yadi lama banget sekaratnya, jadi sekalian ditusuk hiks....

Diakhir film penonton akhirnya tersadar setelah diguyur kenyataan. Jreng! Selamat Anda Semua Keliru, mungkin itulah yang ingin disampaikan film ini. Bahwa kita gak boleh tergesa-gesa menilai seseorang dari tampilan luarnya saja. Teliti dulu, selidiki dulu, baru tau. Ooo gitu...

Jadi inget Orphan...

Sabtu, 29 Oktober 2011

Saatnya Bersatu, Dukung KOMODO!

Pagi menjelang siang........!!

Pasti udah banyak yang tau kalo Komodo masuk sebagai nominasi 7 Keajaiban Dunia yang baru. nah, buat kita yang merasa Bangsa Indonesia dan gak mau nyesel ketinggalan bersikap nasionalis, buruan siapin hape (pastiin masih ada pulsanya) ketik KOMODO kirim ke 9818 sebuanyak-buanyaknya. Tarifnya cuma Rp 1,- aja, gak mahal! Masa buat kebanggaan rakyat Indonesia gak bisa sih??? Pastiin Komodo menang di 7 Keajaiaban Dunia yang baru dan nama kita akan tercantum di Monumen Komodo.

Ayo dukung!!!

Jumat, 21 Oktober 2011

Manfaat Rokok Bagi Manusia

Jika ada yang bertanya tentang bahaya rokok, mungkin banyak diantara kamu yang bisa menjawabnya. Dalam banyak artikel, rokok selalu menjadi bahan pembahasan yang negatif. Namun tahukah kamu bahwa rokok juga mempunyai sisi baik? Beberapa manfaat rokok untuk kehidupan manusia:

  1. Memberikan penghasilan besar bagi para dokter. Semakin banyak orang yang hobi menghisap rokok maka ruang prakter dokter tidak akan pernah sepi.
  2. Membantu perusahaan farmasi dalam memasarkan produk-produknya dan mensejahterakan para karyawannya.
  3. Memperpanjang daftar koleksi penyakit anda dan hasil rontgen.
  4. Mempermudah apotik dalam mencari lokasi usaha.
  5. Meningkatkan produktifitas kerja para pemadam kebakaran.
  6. Meningkatkan jumlah produksi pabrik kain khususnya kain kafan.
  7. Membantu mensejahterakan para pengusaha bunga karena banyaknya permintaan bunga tabur.
  8. Meningkatkan permintaan peti mati dan kepengurusan kematian.
  9. dan masih banyak lagi. Heheheh... just kidding, just for laugh ^_^

Pain Management - Headache

Note: Materi saya ambil dari Grup Hypnosoulmate, jika teman-teman ingin bergabung silahkan klik disini. Dan tanpa bermaksud, merubah isi dan kualitas materi telah mengalami beberapa perubahan.



Mungkin, penyakit yang paling sering dikeluhkan dan diderita orang adalah sakit kepala. Entah kita dalam keadaan senang ataupun sedih, sakit kepala datang tanpa diduga. Kebanyakan, reaksi seseorang yang mendengar orang lain sakit kepala adalah menyarankan untuk dipijit. Pijitan di kepala yang sakit sejenak memang mengurangi rasa sakit itu, namun saat pijitan berhenti maka rasa sakit yang terasa lebih kuat justru akan datang.

Memijat adalah memberi tekakanan. Ilustrasinya, jika suatu aliran energi yang deras di lawan atau ditahan maka saat tekanan itu dilepas sudah tentu energi tadi akan meningkat. Begitu pun dengan sakit kepala. Jika kita menekan dengan memijat kepala, mungkin hal ini akan memberikan arus sakit tadi semakin kuat. Hasilnya bukan mengurangi rasa sakit (kepala) malah menambah rasa nyerinya.

Ada 3 langkah mudah dalam formula terPOWERFULL yang mungkin bisa di coba untuk anda dalam mengurangi rasa sakit di kepala, yaitu:

  1. Meyakini bahwa rasa sakit adalah hal yang wajar dan sangat penting bagi diri,
  2. Tersenyumlah,
  3. Lakukanlah hal-hal yang nyaman (hal yang membuat rasa geli/mengelitik) di kepala.
 Langkah pertama dan paling penting adalah membuat diri anda menyadari dan meyakini bahwa ‘rasa sakit’ adalah hal yang NORMAL. Karena banyak sekali orang mengira rasa sakit adalah hal yang dianggap ‘tidak beres’ atau bahkan tidak normal. Padahal dengan anda meyakini setelah menyadari rasa sakit ini, anda akan sangat mudah mengendalikannya. Pertanyaannya adalah “apakah benar rasa sakit (kepala) adalah hal yang NORMAL dan WAJAR? Tentu saja ‘YA’. Sangat manusiawi jika setiap manusia, bahkan makhluk-makhluk hidup lainnya mempunyai rasa sakit/nyeri. Dalam sebuah buku tercantum tulisan “sakit itu adalah hal yang wajar/normal”. Karena sakit adalah alarm tubuh untuk memberi tahukan pikiran sadar kita untuk segera merespon dan mengambil tindakan agar menjaga tubuh kita agar tidak terjadi kerusaakan. Apakah anda bisa membayangkan jika tanpa rasa sakit, tiba-tiba tubuh anda hilang satu per satu? Atau mungkin anda bingung dengan orang disekitar anda yang meninggal dunia secara mendadak? Bukankah rasa sakit begitu penting untuk manusia? Karena itulah mulai sekarang terimalah ‘rasa sakit’ adalah tools anda yang diberikan Tuhan untuk menjaga diri anda dari kerusakan.

Lalu apakah hanya dengan meyakini bahwa rasa sakit adalah hal yang wajar dan normal bisa seketika menghilangkan rasa nyari/sakit kepala anda? Mungkin saja. Tapi benarkah anda sudah melakukan formula pertama tadi dengan benar jika tubuh/non verbal anda tidak diikut sertakan. Bukankah mind-body connection? Jika tubuh anda masih mengatakan “haduuuuhhhh sakkiiiiitttt” dengan fisiologis/ keadaan tubuh orang-orang kesakitan, maka sudah tentu unconscious-mind (pikiran tak sadar) anda belum menyetujui bahwa anda sudah menerima dan meyakini rasa sakit adalah sesuatu yang NORMAL/WAJAR. Sebenarnya ada beberapa macam postur tubuh yang menunjukkan anda sedang bahagia, dan TERSENYUMlah yang akan kita bahas. Selain simpel, cepat, mudah, dan tidak membuat waktu anda terbuang karena melakukannya.
Tersenyumlah beberapa saat untuk memprogram pikiran anda semakin positif (bahagia, ihklas, dll). Dari sebuah buku, “dengan tersenyum/mungkin tertawa akan mengaktifkan/meningkatkan hormon dopamin dalam otak, dan ketika kadar dopamin sudah cukup banyak, maka rasa nyeri akan perlahan- lahan menghilang”. Cobalah hal ini, ‘TERSENYUM’. Maka pikiranmu akan semakin positif dan rasa nyeri dan sakit pun dapat dikendalikan.

Ettsss....masih ada 1 formula lagi sebagai pelengkap dan yang paling bisa diandalkan untuk mempercepat meredakan rasa sakit/nyeri, yaitu ‘GELI’. Coba saja, ketika anda merasa sedih atau bahkan badmood tiba-tiba segerombol teman anda menggelitiki anda secara brutal. Bukankah anda akan tertawa sampai anda lemas? Atau bahkan anda menjadi melupakan badmood anda tadi? Menggelitik/ membuat geli ini lebih powerfull meredakan rasa nyeri/sakit dari pada memberikan tekanan berupa pijatan-pijatan kencang. Karena sifatnya hanya sentuhan lembut, mengklitik (membuat geli) akan memudahkan anda menghasilkan hormon dopamin (dan hormon menyenangkan lainnya) lebih banyak. Cobalah rasakan betapa hebatnya formula ke3 ini (tentu formula ke 1 dan 2 tetap ‘on’) mempercepat mengurangi rasa nyeri/sakit (kepala) anda. Bahkan kurang dari 5 menit lagi. Tapi mengelitik di sini tidak sembarangan. Anda harus benar2 memfokuskan rasa geli dari klitikan anda. Rasakan setiap sensasi yang begitu nyaman dan geli, sehingga meniban/mengganti rasa nyeri/sakit (kepala) anda. Dalam 5 menit, bahkan kurang rasa nyeri/sakit (kepala) anda akan berkurang bahkan mereda. SELAMAT MENCOBA!!!

Salam Lilik H.S.A (Praktisi dan Pembelajar)

Kamis, 20 Oktober 2011

Kenapa Tuhan Menempatkan Jantung di Sebelah Kiri?

Note: Materi saya ambil dari Grup Hypnosoulmate, jika teman-teman ingin bergabung silahkan klik disini. Dan tanpa bermaksud, merubah isi dan kualitas materi telah mengalami beberapa perubahan.


Mungkin dari 'bangku SD' (seharusnya) kita diajarkan tentang organ-organ tubuh (dalam dan luar) manusia. Mungkin semua orang tau bahwa letak jantung kita berada di dada sebelah kiri, tapi pernahkah terfikir untuk apa ada disitu? Kenapa gak ditatuh ditengah-tengah aja?

Diantara sekian banyak rahasia Tuhan, mungkin inilah sedikit penjelasannya:
  1. Dengan adanya jantung di dada sebelah kiri kita, maka menurut Nabi besar Muhammad SAW, sangat dianjurkan agar ketika kita tidur menghadap ke kanan atau miring ke kanan. Ketika kita membiasakan tertidur dengan posisi demikian, maka kesehatanpun akan lebih terjaga (mungkin karena agar jantung dapat sedikit berpindah ke tengah dada kita).
  2. Bagi suami istri, saat anda berpelukan, inilah yang disebut dengan belahan jiwa dimana saat anda berpelukan seolah-olah jantung anda mengisi seluruh dada (karena jantung sebelah kanan terisi oleh jantung pasangan anda dan sebaliknya) jika rasa cinta yang begitu tulus terpancar, saat detak jantung anda menjadi seirama, bahkan seolah-olah menjadi satu. Ini lah yang terkadang terlewatkan oleh manusia bahwa "berpelukan adalan bahasa nonverbal yang paling menunjukkan simpati yang sangat-sangat powerfull". Untuk itu saat ini juga mulailah satukan rasa sayang dan cinta tulus anda dengan merasakan menyatunya detak jantung anda menjadi seirama maka biarkanlah cinta menyatukan kita.
Salam- Lilik H.S.A Sang Pembelajar..

Belajar Bijak Dalam "Menjual"

Note: Materi saya dapat dari Grup Hypnosoulmate jika teman-teman mau bergabung silahkan klik disini. Dan tanpa bermaksud mengurangi isi dan kualitas, materi telah mengalami beberapa perubahan.

Mungkin diantara anda/ bahkan banyak dari anda berfikir "sales" adalah sebuah pekerjaan yang membuat "bulu kuduk" anda berdiri/merinding.

Sebuah pelatihan "Selling with NLP" menjabarkan banyak pengetahuan lama yang sebenarnya baru disadari, dimana sebenarnya sejak pertama kali kita lahir, kita telah menjadi seorang penjual yang baik. Tangisan adalah modal jualan dalam hidup kita. karenanya seorang dokter akan mengusahakan bayi yang baru lahir untuk menangis. tapi bukan itu yang akan kita bahas disini.

Hingga saat ini, setiap dari kita sebennarnya adalah seorang "seller" Misal dalam percintaan, bukankah kita semua "menjual diri" untuk disenangi dan dicintai oleh pasangan kita? Bayangkan jika anda tidak dapat "menjual diri" pada pasanagn, seperti membuat oranglain jatuh cinta dengan cara mencurahkan perasaan (nembak) dan menjual cinta demi mendapatkan benefit (cinta yang terbalas) Apakah anda dapat menjemput soulmate anada dengan cepat?
Pertanyaan di atas tentu membuat kita berfikir, "Bagaimana dengan orang yang samapi saat ini belum menikah padah sudah memasuki usia "wajib nikah"? Apakah mereka seorang penjual yang buruk? Apakah mereka tidak PD dengan apa yang mereka miliki?

Mari kita kesampingkan "tipe" orang yang "menunda" ini karena bisa jadi ada suatu alasan tersendiri yang bersifat "pribadi dan rahasia". Karenanya kita hanyak akan berfokus pada bagaimana anda menjadi seorang "seller" yang hebat untuk dengan cepat menjemput "soulmate" anda.

Sampai saat ini kita masih terus belajar dan mencoba sadar terhadap segala ilmu dunia yang luar biasa. Khusunya ilmu tentang manusia, makhluk yang diciptaan Tuhan dengan sangat sempurna. Bahkan dalam Islam dikatakan "malaikat dan semua makhluk Tuhan lainnya diperintahkan untuk bertekuk lutut saat manusia tercipta". Pertanyaannya, kenapa manusia selalu berbuat salah, khilaf dan dosa? Lalu, dimana arti kesempurnaan itu?

Kesempurnaan manusia terletak pada ketidaksempurnaan itu sendiri. diman kita semua saling melengkapi.

Dalam banyak buku, pelatihan, seminar atau referensi tentang penjualan, diungkapkan bahwa " menjual akan berhasil ketika dapat menjual dengan kualitas terjamin"..(1). Secara logika memang tidak akan ada yang mau membeli barang tanpa kualitas. Jika anda berfikir bahwa hal ini benar, anda KELIRU BESAR. Kenapa? Banyaknya pasar loak yang memberikan harga murah meriah, selalu ramai dibanjiri pelanggan. Lalu apakah mereka mengutamakan kualitas barang yang dijual? Mungkin tidak karena mereka hanya mementingkan kuantitas. Intinya kualitas tidak menjamin "barang dagangan" anda laris manis.

"Menjual akan berhasil ketika dapat menjual manfaat kepada pembeli"..(2). Jika anda setuju dengan hal ini, "Selamat, anda KELIRU lagi". Bnyak iklan di media komersil yang kurang berhasil menarik nimat konsumen. Gawat, ternyata manfaat luar bisa tidak cukup membuat anda menjadi "best seller".

"Menjual akan berhasil ketika memberikan pelayanan terbaik kepada pembeli"..(3). Bagaimana dengan hal ini? Setujukah anda? Eitss.. menjadi figur yang menyenangkan tidaklah cukup membuat anda menjadi seorang "best seller". Seorang yang "nyaman" belum tentu membuat pelanggan membeli gadangan anda.

"Menjual akan berhasil ketika dapat memberdayakan pembeli agar secara bijak menggunakan barang pada manfaatnya secara tepat"..(4). Mungkin inilah metode yang paling tepat untuk menjadikan anda seorang "best seller". Dengan mengedukasi pelanggan tentang barang yang dibeli, diharapkan pelanggan tersebut mendapatkan manfaat yang tepat guna sehingga bisa berbagi  dengan orang lain. Jika kita dapat berbagi ilmu yang bermanfaat sehingga dapat terus diajarkan kepada orang lain/ generasi penerus, sungguh kita telah menjadi manusia yang baik dan bahagia.

Karena Tuhan telah memberikan segala "tools" sukses dalam diri manusia, hanya tinggal sadar dan yakin, lalu gunakanlah sekarang untuk kesuksesan anda ^_^

Lilik H.S.A (Praktisi Pembelajar)

Ewem

Suatu siang di rumah saya, Fathir menyeret tangan ibu saya yang notabene adalah neneknya ke kamar mandi.

Fathir: Enek, bowong (bolong) *sambil menunjuk pintu kamar mandi yang bolong

Nenek: Sama ade’ (Fathir) ya? Diapain emang?

Fathir: Kan bisa di ewem... di ewem (di lem) *berlalu sambil tersenyum tak berdosa

Kawi... bewok...

Suatu pagi, saya dan Fathir, keponakan saya yang masih berumur empat tahun berbincang-bincang saat sarapan...

Fathir: Endah (kadang Fathir memang kurang sopan memanggil orang tanpa “gelar”), ade (Fathir) mau bewenang (berenang) dong, Endah gak ajak.

Saya: Bewenang? Dimana?

Fathir: Bewenang di kawi (kali) hahahaha *tertawa sendiri

Saya: bewenang di kawi? Kawi Serong ya?

Fathir: Ukan (bukan), di kawi… bewok…

Saya: Bewok??? *tampang bingung, sejak kapan kali bewok?

Fathir: Iya, kawi… bewok

Saya: Oh beloooookkk… *tepok jidat

Rabu, 19 Oktober 2011

Copet? Go Away!!

Siang ini, sebuah peristiwa tak menyenangkan mampir di daftar kejadian hidup saya. Panas, lelah dan mengantuk, saya hampir saja menjadi korban pencopetan. Alhamdulillah (yah...) saya masih sadar sehingga kejadian tak menyenangkan itu tidak terjadi.

Kronologisnya:

Saya dan seorang teman menunggu angkot tak jauh dari halte sambil ngobrol, saya sempat memperhatikan di halte itu ada seorang laki-laki di awal 30 tahunan dan seorang anak laki-laki berseragam (saya lupa dia SMU atau SMA). Sekitar lima atau sepuluh menit kemudian angkot yang ditunggu teman saya pun datang sedang saya naik angkot lain (04 jurusan Depok) yang sudah cukup lama ngetem di halte. Saat saya naik, dua orang ibu-ibu berusia di atas lima puluh tahun ikut naik, begitu pun laki-laki yang menunggu di halte tadi.

Saya duduk di pojok belakang kursi bermuatan enam orang, ibu-ibu yang naik bersama saya duduk di pojok yang lain, sedang laki-laki tadi duduk tak jauh dari saya. Di stasiun Tj. Barat, naik dua orang gadis, otomatis laki-laki tadi bergeser lebih dekat ke saya. Tas saya memang tidak terlindung dan restletingnya berada bebas di sisi kanan saya. 

Saya sebenarnya gak sadar kalo ada pencopet duduk di sebelah saya, yang bikin saya sadar adalah karena laki-laki yang duduk disebelah saya TIDAK MENAMPAKKAN kedua tangannya ke permukaan (tangannya sedang bekerja di bawah tas besarnya yang menutupi sebagian tas saya). Disitu lah saya sadar dan ternyata tas saya sudah separuh terbuka. Namun saat saya cek, tidak ada satu pun barang yang hilang. Alhamdulillah...

Sejak jadi korban pencopetan beberapa tahun yang lalu, saya jadi lebih "sensitif" dengan letak tangan orang-orang di sisi saya. Entah pencopet, frotteurisme atau ekshibisionis. Jadi buat teman-teman yang naik angkot, satu pesan saya "LIHAT TANGANNYA! LIHAT TANGANNYA!!" ^_^     

Tak Ada Lagi Rasa Kemanusiaan???

Malem tadi sambil nyantai di depan rumah bareng kakak, saya cek-cek yahoo siapa tahu ada berita-berita unik. Tapi yang saya temui justru membuat hati saya miris. Gak terasa, air mata saya juga langsung jatuh.

Yue Yue, balita berumur tak lebih dari dua tahun, ditabrak dua kali oleh pengendara truk. Ironisnya, orang-orang yang lewat sama sekali tak memperdulikan keadaan bocah kecil itu hingga seorang wanita pemulung berteriak-teriak minta tolong. Ibu Yue Yue yang berada di toko langsung keluar dan saat mendapati bayinya tergeletak lemah tak berdaya, langsung menggendongnya dan membawanya ke rumah sakit.

Yue Yue sekarang berada dalam keadaan koma dan dokter yang merawat Yue Yue mengatakan bahwa balita itu tidak mungkin mampu bertahan menjalani setiap operasi. Otaknya hampir mengalami kematian.

Inikah sikap manusia dizaman modern ini? Sementara itu masyarakat di jejaring sosial berkomentar bahwa masyarakat kota kini mengidap penyakit antisosial yang sangat parah. tak ada lagi rasa kemanusiaan. Astaghfirullah.








Selasa, 18 Oktober 2011

Berandai-andai

Suatu kali saat ngobrol ringan dengan keponakan saya (tua banget ya kesannya? Haha), saya mengarransemen sebuah lagu dari Govinda yang saya lupa judulnya.

Bawa aku pergi dari sini, ku (sudah bosan...) ingin pergi ke kota Sentani.

Rasanya boseeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeennnnn banget liat kendaraan yang bertumpuk-tumpuk di Jakarta (Ada Apa di Jakarta? Cikicieww...), bosen liat macet, dan bosen denger suara klakson. Kadang ngerasa BT dan pengen pergi ke sebuah tempat yang jauuuuuuu.......hhhh banget buat refresing.


Salah satunya:


Senin, 17 Oktober 2011

Stand Up Comedy

Siang itu, matahari cukup baik melimpahkan terang dan panasnya di bumi. Peluh menetes bercucuran. Duduk diam di dalam kamar, berpikir apa yang hendak saya lakukan? Online. Nyalain laptop, pasang modem. Klik. Connect.

Buka-buka situs jejaring social trus nemu yang satu ini. Kocak abis! Selama menontonnya saya gak berhenti-hentinya ketawa (Tidak...! Jangan biarkan aku gila...). Terima kasih Mas Erick yang sudah berbagi tautan ini dan terima kasih pada Zamzami yang telah menjadi begitu lucu dan menceriakan hari saya yang panas dan berpeluh-peluh hehehe




Nonton juga yang ini:




lanjut:



Kamis, 13 Oktober 2011

To The Point, Ini Faktanya!

Pacaran, menurut Wikipedia bahasa adalah proses perkenalan antara dua insan manusia yang biasanya berada dalam rangkaian tahap pencarian kecocokan menuju kehidupan berkeluarga atau pernikahan. Sedangkan pacar adalah kekasih atau teman lawan jenis yang tetap dan mempunyai hubungan berdasarkan cinta-kasih. Jadi, sudah siap-siap mau nikah nih? Gak mau kuliah dulu, kerja dulu, senang-senang dulu?

Berlindung di bawah payung globalisasi dan di belakang punggung trend zaman sekarang, pacaran seperti sebuah gimmick, daya tarik, magnet untuk berbuat salah. Apa yang salah? Aktivitas-aktivitas seksualnya. Dimulai dengan pegangan tangan, saling saling pandang, pelukan dan berakhir dengan hubungan badan.

Data yang dikeluarkan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) tahun 2010 memperkirakan setiap tahun jumlah aborsi di Indonesia mencapai 2,4 juta jiwa. Parahnya, 800 ribu di antaranya terjadi di kalangan remaja. Disebutkan, sekitar 51 persen remaja di Jabodetabek telah melakukan hubungan seks pranikah. Beberapa wilayah lain di Indonesia, seks pranikah juga dilakukan beberapa remaja. Misalnya saja di Surabaya tercatat 54 persen, Bandung 47 persen, dan 52 persen di Medan.

Hasil survei Komisi Perlindungan Anak (KPA) terhadap 4.500 remaja mengungkap, 97 persen remaja pernah menonton atau mengakses pornografi dan 93 persen pernah berciuman bibir. Survei yang dilakukan di 12 kota besar belum lama ini, juga menunjukkan 62,7 persen responden pernah berhubungan badan dan 21 persen di antaranya telah melakukan aborsi. Hasil penelitian di Yogya dari 1.160 mahasiswa, sekitar 37 persen mengalamai kehamilan sebelum menikah.

Lalu, apakah kita akan menjadi salah satu dari mereka? Seks pra nikah itu gak keren lagi. Tindakan itu justru menutup kesempatan kita untuk bersinar, untuk menjadi seorang bintang. Berhubungan cinta dengan pacar bukanlah bukti cinta tapi kebodohan. Karena kita akan melakukan kesalahan itu secara berulang dan kehamilan mungkin saja terjadi. Lalu apa kita akan membunuh calon bayi kita? Dan apakah calon suami kita nanti dapat menerima kita yang telah ternoda ini?

Bergaul lah secara wajar, hidup itu cuma sekali dan waktu tidak dapat diputar lagi. Kesalahan tetap akan menjadi kesalahan, sebaik apapun kita menyimpannya rapat-rapat.


What Can I Do To Help Prevent Global Warming?

Tolong…! Saya kepanasan….!

Apakah ini terdengar lucu? Mungkin saat ini ya, tapi apa jawabanya jika kalimat tersebut terlontar 20 atau 30 tahun dari sekarang? Kita tidak dapat berpura-pura, membuang wajah dan tidak peduli lagi, dunia kita makin panas. Kita sedang terbakar dan kita harus berbuat sesuatu untuk menghentikan api yang sedang bergolak ini.
Kita telah sering mendengar tentang istilah pemanasan global dan efek rumah kaca. Pemanasan global merupakan sebuah kejadian naiknya suhu atmosfir bumi dan lautan secara terus-menerus. Sedangkan efek rumah kaca adalah terjebaknya energi matahari di bumi dan sulit kembali ke ruang angkasa akibat tingginya kadar karbondioksida.

Setiap tahun, suhu bumi naik 0,150 – 0,300 C, sebuah angka yang kecil bukan? Tapi apakah kita akan membiarkan angka itu membengkak? Tidak! Tentu saja tidak!

Kita bukan seorang peneliti, bukan seorang politisi, kita hanya seseorang yang hidup di bumi ini tapi kita bisa berbuat sesuatu. Kita bisa bertindak. Bergerak!

Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan bumi kita.:
  1. Jangan tinggalkan alat elektronik dalam keadaan standby. Cabut charger telp. genggam dari stop kontak. Pembangkit listrik PLN menggunakan bahan bakar fosil penyumbang besar emisi.
  2.  Ganti bohlam lampu ke jenis CFL, sesuai daya listrik. Meski harganya agak mahal, lampu ini lebih hemat listrik dan awet.
  3. Bersihkan lampu, debu bisa mengurangi tingkat penerangan hingga 5%.
  4. Jika terpaksa memakai AC (tutup pintu dan jendela selama AC menyala. Atur suhu sejuk secukupnya, sekitar 21-24o C).
  5. Hemat air.
  6. Alihkan panas limbah mesin AC untuk mengoperasikan water-heater.
  7. Tanam pohon di lingkungan sekitar Anda.
  8. Jemur pakaian di luar. Angin dan panas matahari lebih baik ketimbang memakai mesin (dryer) yang banyak mengeluarkan emisi karbon.
  9. Gunakan kendaraan umum (untuk mengurangi polusi udara).
  10. Hemat penggunaan kertas (bahan bakunya berasal dari kayu).
  11. Say no to plastic. Hampir semua sampah plastik menghasilkan gas berbahaya ketika dibakar. Atau Anda juga dapat membantu mengumpulkannya untuk didaur ulang kembali.
  12. Kurangi jejak ekologi, jadilah vegetarian.
Mulai dari hal kecil, Mulai dari diri sendiri dan Mulai dari sekarang. One Small Step is a Big Leap.

Selasa, 11 Oktober 2011

Coba Baca

Niat awal mau download eBook novel-novel, eh nemu link yang memuat judul cukup menarik perhatian saya. Coba saya klik. Ternyata asli lucu, minimal bikin senyum-senyum sendiri waktu ngebacanya. Dari pada banyak omong langsung cek aja linknya.